Yuuukk.. Berenang

” Rasulullah SAW pernah bersabda “Didiklah anak-anakmu berenang, memanah, dan berkuda.โ€

” Ajarkan putera-puteramu berenang dan memanah. (HR. Ath-Thahawi).”

” Setiap sesuatu yang tidak termasuk mengingat Allah, ia merupakan permainan yang sia-sia kecuali empat hal ; seorang lelaki berjalan di antara dua tujuan (untuk memanah), melatih berkuda, bermesraan dengan keluarga, dan mengajarinya berenang.(Hadis Riwayat At-Thabrani) “

Nah dari ketiga hal yang di sabdakan Rasulullah, yang saya bisa adalah BERENANG ^_^ , memanah dan berkuda saya tidak bisa ๐Ÿ™‚ . Dari kecil saya terbiasa main di air ( sumber mata air, kolam renang dls ), karena deket rumah saya terdapat sumber mata air yang melimpah yang di bendung sehingga mirip kolam, bisa untuk berenang. Pernah dulu waktu kecil ( SD ) saya dan temen2 kecil saya di ajari tetangga saya cara berenang yang bener ( saya lupa nama nya dan orangnya, soalnya udah merantau ke luar kota mpe sekarang ๐Ÿ˜€ ).

yuk berenang

berenang di Umbul Tlatar sambil rekreasi

Setelah masuk SMA ada olah raga renang, makin “terasah lah ” kemampuan saya berenang , walaupun tidak masuk kategori perenang ulung paling tidak kalo saya kecebur di kolam, saya bisa mempertahankan diri ๐Ÿ™‚ , dengan gaya katak dan gaya bebas. ^_^

Setelah merantau pun saya juga masih aktif berenang bersama temen2 seperantauan, tiap selasa dan jumat pagi (khusus buat cewek) jam 5.30 wib saya berangkat berenang di kolam renang Tirtomoyo ย jebres-Solo bersama partner renang saya ( Utri Maniez ) ๐Ÿ˜€ dkk. Atau kalau enggak ke kolam renang indoor khusus muslimah “ISYKA”, tapi tarif nya agak mahalan dikit di banding Tirtomoyo ๐Ÿ˜€ .

12274767_GqN2no5AOWVzYeesaTF4V_FF0MFX9GiSXNqB_SPI8lM

isyka

kolam_renang

tirtomoyo

Setelah menikah aktivitas tersebut hampir tidak saya lakukan lagi, pernah sih sekali waktu berenang bersama anak saya ( waktu itu anak berumur 1,5thn), awalnya anak takut2 tp lama2 seneng dan gak mau di ajak “mentas”(jawa) di ajak udahan. hahahha…

“Tenang nak…. nanti ibu akan mengajari mu berenang, karena ayah mu gak bisa berenang ๐Ÿ™ “

Naahh… sekarang mari kita tinjau manfaat berenang buat kesehatan kita, yang saya kutip dari sini :

Renang adalah olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang yang juga merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi (non weight barring). Berenang terbilang minim risiko cedera fisik, karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. Selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas), ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis. Berenang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila kita melakukannya secara benar dan rutin, manfaat tersebut antara lain :

  1. Membentuk otot
    Saat berenang, kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki. Saat bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus ?elawan?massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.
  2. Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru
    Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Artinya, berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air.
  3. Menambah tinggi badan
    Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya).
  4. Melatih pernafasan
    Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. Penapasan kita menjadi lebih sehat, lancar, dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang.
  5. Membakar kalori lebih banyak
    Saat berenang, tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi, sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh.
  6. Self safety
    Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut, dll).
  7. Menghilangkan stres
    Secara psikologis, berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan pun bebas gerah.

Sebelum berenang, agar tubuh tidakย kaget dianjurkan melakukan gerakan pemanasan untuk mencegah kram otot sekaligus juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap dan juga lakukan pendinginan setelah selesai berenang agar suhu tubuh dan detak jantung tidak menurun secara drastis dengan cara berenang perlahan-lahan selama 5 menit.

7 thoughts on “Yuuukk.. Berenang”

  1. muhammad miqdad berkata:

    makasih bnyak nih informasinya… bermanfaat bnget berenang itu….

  2. Casey berkata:

    Kolam renang isyka masih buka gk ya?

    1. anita berkata:

      kurang tau mbak Casey…sy udah pindah kota ๐Ÿ™‚

  3. eli berkata:

    mbak, terakhir renang di isyka, harga tiket masuk berapa ya?

    1. anita berkata:

      @mbak eli ..lupa mbak, udh lamaaa pake bgt

  4. yahya berkata:

    msh buka mb,,, masuknya 15rbu…

    1. Salma berkata:

      Bukanya dr jm brp yaa ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *