SENI CROSS STITCH atau SULAMAN KRISTIK

Seni yang satu ini membutuhkan kesabaran tingkat tinggi dalam membuatnya, sulaman kristik sangat membudaya di seluruh dunia bukan hanya di Indonesia saja. Biasanya yang menggeluti hobby satu ini adalah para ibu2 ( wanita ). Di keluarga saya 3 generasi bisa membuat sulaman kristik ini, mulai dari simbah uti saya, ibu saya dan saya sendiri. Sebenarnya basik sulam kristik itu gambang, hanya menyilangkan benang pada pola strimin kotak, tapi yang susah adalah butuh waktu lama dan ketelitian tinggi untuk membentuk pola gambarnya yang berbeda2 warna ;-).

Hanya saja saya kurang sabar dan teliti dalam menekuni sulam kristik ini, jadinya saya lambat laun males untuk mendalami seluk beluk sulam kristik pada pola2 yang rumit. Karena memang ada beberapa jenis tusukan dalam seni membuat kristik, di sini saya sertakan beberapa jenis tusukan dasar dalam kristik.

Graphic1

Saya juga sempat beli beberapa motif buku kristik, cuma lupa naruh nya dimana ( udah pada nyebar ke antah berantah buku2 kristiknya ). Di dalam buku di sertai warna benang apa saja yang harus kita beli ( memudahkan kita untuk menyortir warna yang ada dalam gambar ).

   bk-kristik1  bk-kristik4

bk-kristik2  bk-kristik3

Ada beberapa sulam kristik karya “bersama” ( saya, ibu saya, mbah uti saya ) yang di pajang di rumah orang tua saya, yang lainnya kayak nya gak sempat di belikan pigura yang entah di onggrokkan dimana 😉

kristik1  kristik2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *