Jalan Malioboro Yogyakarta

Jalan MALIOBORO Yogyakarta… siapa yang gak kenal jalan yang satu ini, kayaknya  jalan yang satu ini jalan paling terkenal di Indonesia bahkan juga dimanca negara, bener gak sih..? 😀 . Hampir tiap hari saya melewati jalan malioboro dan pemandangan yang saya lihat selalu sama, banyak banget turis (terutama turis domestik) yang antri pengen foto di jalan ini terutama foto  di papan nama ” Jl. MALIOBORO ” tsb.

Bahkan kalo hari libur/hari minggu antrian untuk foto di papan ttsb sangat panjang ckckckkk….( jalan yang sangat fenomenal), rasanya belum maen ke jogja kalau belum foto di jalan yang satu ini xiixixixi… ^_^ . Kayak adik dan ponakan saya ini, ngebet minta foto di jalan tersebut .. hmmmm…

                                           jl.malbor1a  jl.malbor1b

                         jl.malbor1  jl.malbor1c

Kata suami saya, yang memang asli lahir dan besar di Malioboro, dulu waktu masih SD jalan malioboro tidak seramai sekarang ini. Dulu masih bisa maen sepeda di emperan toko yang berderet sepanjang jalan malioboro karena belum ada pedagang kaki lima yang berjualan di situ, tapi menginjak SMA bermunculanlah satu demi satu pedagang yang menjajakan dagangannya didepan emperan toko dan semakin berjubel tak terhitung sampai seperti sekarang ini.

                             jl.malbor1f  jl.malbor1g

Menurut sejarah, Jalan Malioboro adalah nama salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Pangeran Mangkubumi, dan Jalan Jend. A. Yani. Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta.

                              mal4  mal3

** sumbe foto malioboro jaman dulu 

Pada tanggal 20 Desember 2013, pukul 10.30 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X nama dua ruas jalan Malioboro dikembalikan ke nama aslinya, Jalan Pangeran Mangkubumi menjadi jalan Margoutomo, dan Jalan Jend. A. Yani menjadi jalan Margomulyo.[1]

Terdapat beberapa obyek bersejarah di kawasan tiga jalan ini antara lain Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret. ( foto di bawah di ambil dari berbagai sumber ).

COLLECTIE_TROPENMUSEUM_De_Toegoe_of_Witte_Paal_in_Jogjakarta_TMnr_60007932

tugu jogja tempo dulu

tugu_jogja_03_by_elakzart  6828881083_3e21e0b821  Sjr_yogya

                        Pasar_Beringharjo  1C6

  monumen serangan umum 1 maret yogyakarta

** Kalau berwisata ke Jogja jangan lupa mampir dulu di jalan yanga satu ini…. selamat berwisata…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *