MATEMATIKA itu menyenangkan …..

Waktu saya kelas 1 dan kelas 2 SMP yang namanya matematika itu tidak pernah dapat nilai 8 🙁 , sebenarnya saya tidak pernah menganggap bahwa matematika itu ” horor ” dan menakutkan seperti anggapan banyak orang, hanya saja waktu itu kok rasanya saya susah sekali “menangkap dan memahami” apa2 yang diterangkan oleh guru matematika saya waktu itu. Alhasil nilai matematika saya menthok hanya pada level angka 7 ( ya sudah lah ).:-D

Naaahhh… pada waktu kelas 3 nasib baik menghampiri saya ^_^ . Denger2 rumor dari kakak kelas, nanti kalau udah kelas 3 harus hati-hati  dan waspada sama guru matematika, karena terkenal galak dan ” sangar ” ( hmmm.. masak sih.? , jadi penasaran ). Antara takut dan rasa penasaran, pengen tahu gimana sih cara ngajar nya guru matematika kelas 3 nantinya . Beliau adalah bu Wid .

Pertama masuk kelas 3 deg2an juga nunggu jadwal matematika hari apa 🙁 ,tibalah hari itu …hari dan jam yang di tunggu2 , jam pelajaran matematika . Tok..tok..tok..tok.. bunyi langkah sepatu dari kejauhan terdengar lambat laun memasuki ruang kelas saya ( ruang kelas 3.A ) . Penampilan nya sederhana , kaca mata nya tuebal banget, sehingga kalau baca , jarak antara buku dan mata hanya 10-15 cm ( bisa di bayangkan ,seberapa tebalnya kaca mata beliau ), rambutnya agak ikal pendek di atas bahu , bawaan nya cuma 1-2 buku diktat matematika dan 1 lagi buku catatan daaaannnnn yang gak kalah seru nya, beliau selalu bawa ” githek ” kecil ( galah kecil -red ) kayak macam antena TV yang bisa dipendekkan dan dipanjangkan. Itu alat buat nerangin mata pelajaran yang di tulis di papan tulis selain itu juga buat  nyolek murid2 yang salah dalam mengerjakan soal2 matematika , kalau sudah keterlaluan gak bisa nya baru di “jewer” telinga nya ( jewernya jg gak kenceng2 banget ) 😛 , kalau udah bener2 gak bisa dan gak mau memperhatikan pelajaran yang diterangkan… tanpa ba bi bu langsung di suruh keluar dari kelas , belajar di luar kelas hahahhahaha… ..
( saya pernah 1 kali di jewer dan belajar di luar kelas )

Setiap murid harus menyediakan 7-8 buku tulis dengan sampul coklat di depan cover di tulis nama lengkap dan nama mata pelajaran di masing2 buku dan HARUS RAPI ( tidak boleh tidak ), tulisan nya harus bisa di baca atau pun buku nya tidak boleh lecek ( jadi enak kan kalau buat belajar di rumah ). Buku2 tersebut untuk mencatat materi Aljabar , Geometrik , Logaritma , Aritmatika , Trigonometri dan lain2 serta buku diktat, semua nya harus sudah siap di atas meja kalau beliau sudah masuk kelas , jangan lupa pensil, pulpen , penghapus , spidol warna dan “teman2” nya juga harus siap di atas meja.

Bu Wid memang terkenal disiplin dan “galak” dalam mengajar , tapi bagi saya justru bukan itu yang saya rasakan . Saya malah sangat menikmati cara mengajar beliau (walaupun kelihatan nya sangaarr  dan suka bikin deg2an) 😀 . Ada nyanyi2 nya , ada game nya , ada juga yang di marahi kalau gak bisa ngerjain soal atau ngerjain PR ,dan buat saya cara mengajar beliau membuat saya lama2 suka matematika , karena cara menerangkan beliau gampang , menyenangkan , sangaaat mengasyikkan , penjelasan2 nya simpel dan mudah di mengerti, sik Asik lah… ( ini buat saya pribadi lho yaa .. 😛 ) .

Alhasil sejak saat itu nilai ujian matematika saya masuk level angka 8 ke atas ( taraaa…. ) sampai SMA nilai tersebut masih saya pertahankan . Bukan nya mau pamer nilai ,, TIDAK, sama sekali TIDAK..!!! ,  di sini saya cuma mau menekan kan bahwa MATEMATIKA itu bukan  ” MOMOK ” bagi anak2 yang mau belajar matematika , asal cara mengajarnya di buat menyenangkan dan mengasyikkan . Itu hikmah yang saya dapat dan di kemudian hari hal itu saya terapkan pada murid2 saya ketika saya mengajar ^_^ ( tentu nya saya mengajar MATEMATIKA ) ^_^ . Bagaimana kita menyampaikan suatu hal dengan cara yang FUN agar mudah di mengerti oleh anak didik kita .

Walaupun sekarang saya sudah tidak mengajar lagi tapi hal itu juga akan saya ajarkan pada anak2 saya , dengan itu saya juga harus banyak belajar lagi agar sukses menjadi seorang pendidik , minimal sebagai pendidik dan pengajar buat anak2 saya sendiri ^_^ . – Semoga – Aamiin….. Rumus di ambil dari berbagai sumber .

( Cari Modiste murah dan baju murah berkwalitas klik >> disini )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *