Hari Batik Nasional

Pernah pakai baju batik..? Saya pasti akan jawab, ya pasti pernah laaahhh.. saya ini suka batik, tapi bukan kolektor batik :-p .Memperingati hari batik yang jatuh pada hari kamis tgl 2 oktober 2014 kemaren, saya menyempatkan diri mampir ke alun2 utara kota jogjakarta yang mengadakan even 3.000 orang membatik massal di Alun-Alun Utara Yogyakarta.

                                        hrbtkA8  hrbtkF

Kegiatan membatik yang digelar oleh Disperindagkop DIY ini diikuti 3 ribu pembatik dari seluruh DIY. Ribuan pembatik ini berasal dari Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, Sleman dan Kota Yogyakarta. Mereka membatik motif semen flora fauna di atas kain sepanjang 3 ribu meter. Kain panjang ini dipasang secara zigzag di Alun-Alun Utara Yogyakarta.

                            hH  hrbtkJ

                                                                   hrbtkG
Sayang… saya datangnya kesiangan,alhasil yang saya lihat tinggal kain2 yang terbentang hasil dari para pembatik, yang sebagian sudah mulai di gulung 🙁 , maklum kalo pagi ngurus suami sama anak dulu jadi gak bisa hangout pagi2 :-). Daripada dateng gak bawa hasil saya berhenti sejenak untuk lihat pertunjukan wayang orang yang di gelar di alun2 tsb.

hrbtkA5

Bahkan laman Google pun pada tgl 2 okt 2014 tema nya orang2 pake batik lhoo…

national-batik-day-2014-6324341700558848-hp

laman google tgl 2 okt 2014

Hari Batik ditetapkan sebagai hari perayaan nasional Indonesia bertujuan untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

Ini beberapa baju2 modifikasi motif batik yang pernah di bikin Dniet :

                         hrbtkA  hrbtkB

                          hrbtkD  hrbtkE

                                                              hrbtkC

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *