MASJID AGUNG SURAKARTA

Mampir sejenak di kota Solo, kota kenang2an sebelum hengkang ke kota Jogja. Kota dimana tempat saya merantau mencari ilmu & mencari rejeki setelah lulus SMA. Banyak banget tempat yg ingin saya kunjungi tapi sepertinya Allah belum mengijinkan.

Hanya sempat mampir sejenak di Masjid Agung Surakarta, letaknya seberangan dengan pasar Klewer Solo. Jalan Alun Alun Utara,  Pasar Kliwon, Kauman, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Masjid Agung menempati lahan seluas 19.180 meter persegi yang dipisahkan dari lingkungan sekitar dengan tembok pagar keliling setinggi 3,25 meter. Bangunan Masjid Agung Surakarta merupakan bangunan bergaya tajug yang beratap tumpang tiga dan berpuncak mustaka (mahkota). Gaya bangunan tradisional Jawa ini adalah khusus untuk bangunan masjid.

   

Tidak ketinggalan… bedug tua yg entah sudah berapa ratus tahun umurnya, besarnya kira-kira 1x2m diameter tabung nya kayaknya 1m lebih.

Adeeeemmm banget kalau kita masuk ke sini. Kalau ngadem di sini hawa nya pengen tidur, tp gak lah yaa… kan udah ada larangan di larang tidur di masjid tp tetep aja banyak yg angleer bobok nya 🙈🙈😼😃 . Halaman nya luas dengan pohon yang besar dan rindang di lengkapi dengan menara di sisi kiri masjid.

Kita memilih ngadem di seberang masjid, pesen es ronde yg bikin mak nyeezzz tenggorokan… enak ronde nya ( entah krn faktor kehausan yg sangat, jd berasa enaaak bgt) 2 mangkok ludeess. Saudara yang lainnya pada “mborong” aksesoris yang di jual di sekitar an lokasi.

Monggo bagi yang melancong ke Solo mampir ke Masjid Agung Surakarta, jangan lupa icip es wedang ronde seberang masjid agung solo… 👍👍

O iyaa… masjid agung surakarta  selain dekat dengan pasar Klewer yang merupakan pusat perbelanjaan Batik dll di Solo, juga dekat dengan BTC ( Benteng Trade Center ) yang merupakan  pusat perbelanjaan batik juga. Agak sedikit ke timur sebelahan dengan BTC ada pusat pertokoan kain ( yang bikin ngileeerrr bagi yang demen dunia perkainan seperti saya ) .

*Pengen bikin ulasan ttg dunia pasar perkulakan kain tapi nanti kapan2 yaa.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *