TAMAN PINTAR YOGYAKARTA

Taman Pintar Yogyakarta ini terletak di tengah kota Yogyakarta tepatnya di jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, di kawasan Benteng Vredeburg. Taman Pintar ini memiliki arena bermain dan wahana pendidikan yang terbagi dalam beberapa zona.

Taman Pintar ini didirikan untuk menghadapi realitas perkembangan sains dunia , dan wujud kepedulian terhadap pendidikan, maka Pemerintah Kota Yogyakarta menggagas sebuah ide untuk Pembangunan “Taman Pintar”. Disebut “Taman Pintar”, karena di kawasan ini nantinya para siswa, mulai pra sekolah sampai sekolah menengah bisa dengan leluasa memperdalam pemahaman soal materi-materi pelajaran yang telah diterima di sekolah dan sekaligus berekreasi.

Relokasi area mulai dilakukan pada tahun 2004, dilanjutkan dengan tahapan pembangunan Tahap I adalah Playground dan Gedung PAUD Barat serta PAUD Timur, yang diresmikan dalam Soft Opening I tanggal 20 Mei 2006 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo.
Pembangunan Tahap II adalah Gedung Oval lantai I dan II serta Gedung Kotak lantai I, yang diresmikan dalam Soft Opening II tanggal 9 Juni 2007 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo, bersama Menristek, Kusmayanto Kadiman, serta dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.
Pembangunan Tahap III adalah Gedung Kotak lantai II dan III, Tapak Presiden dan Gedung Memorabilia.
Dengan selesainya tahapan pembangunan, Grand Opening Taman Pintar dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2008 yang diresmikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

tpA

Zona di taman pintar terbagi dalam beberapa zona antara lain:

  • Playground
    Sebagai ruang publik dan penyambutan bagi pengunjung Taman Pintar. Menyediakan berbagai peralatan peraga yang menyenangkan bagi anak dan keluarga. Dapat diakses secara cuma-cuma/gratis
  • Gedung PAUD Barat dan Gedung PAUD Timur
    Menampilkan peralatan peraga dan permainan edukasi bagi anak-anak, khususnya anak usia Pra-TK sampai dengan TK.
  • Gedung Oval – Kotak
    Menampilkan berbagai peralatan peraga berbasis edukasi sains yang dikemas menyenangkan dan dapat diperagakan. Dapat diakses oleh semua lapisan pengunjung.
  • Gedung Memorabilia
    Menampilkan peralatan peraga tentang pengetahuan sejarah Indonesia, seperti sejarah Kasultanan dan Paku Alaman Yogyakarta, Tokoh-tokoh Pendidikan, dan Tokoh-tokoh Presiden RI hingga saat ini
  • Planetarium
    Menampilkan peralatan peraga berbentuk pertunjukan film pengetahuan tentang antariksa dan tata surya

Naahh…Beberapa waktu yang lalu saya menyempatkan diri bermain ke taman pintar Yogyakarta bersama anak saya. Sayangnya waktu sampai di sana cuaca agak mendung dan gerimis kecil jadi kurang mendukung untuk bermain di arena outdoor 🙁 .

tpD

Untuk bermain di gedung PAUD kayak nya sudah penuh dengan anak2 kecil, jadi saya memutuskan untuk masuk dulu ke gedung oval dan nanti setelah dari gedung oval baru lanjut ke gedung PAUD dan berharap sudah agak sepi pengunjung 😉 . Harga tiket rp 18.000/orang karena anak saya baru ber umur 2 tahun jadi nya gratis ( cukup beli 1 tiket saja ).. lumayan ^_^ .Tiket tersebut untuk masuk ke gedung Memorabilia dan gedung oval – kotak.

tpC

 tp6

Gedung Memorabilia merupakan gedung yang menampilkan peraga pembelajaran sejarah dan budaya. Tiga materi utama yang ditampilkan meliputi content tentang Sejarah Kasultanan Ngayogyakarta, Sejarah Pendidikan dan Kepustakaan Kepresidenan.

tpB

 tp6f1

Ketika memasuki Sejarah Kesultanan Yogyakarta anak saya tertarik pada foto raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono IV karena menunggang kuda ( ibuuukk… tuda..tuda..tuda..-red : KUDA ) 😀 dan tertarik dengan patung2 prajurit yang ada lampunya ( tertarik mencet2 lampu nya 😛 ).

tpE

Setelah itu tidak ada yang menarik lagi bagi anak saya di gedung memorabilia kecuali bola dari presiden SBY yang di dalam kaca ( mintak suruh ambilin BOLA nya…. hahhahah ) hadeeehhh ini anak memang hobi main bola.

tpE1

Selesai dari gedung memorabilia kita lanjut mamasuki gedung oval dan kotak.. wuiihhhh baru setelah masuk gedung oval anak saya sueneng bangeettt karena pintu masuk nya terdapat aquariium yang besar melengkung di atas kepala ( kayak2 Sea World ) tp gak mirip sihh 🙂 , sambil lari ke sana kemari melihat ikan2 yang ada di dalam nya ( ikan… ikan.. ikann mbanyaakk ibuukk : teriak anak saya ).

                                        tp7  tp7d2

Sebenarnya sih pengen pose berdua dengan anak saya di deket ikan yang guede nya sebesar badan anak saya cuma lihat sana sini orang2 nya pada sibuk sendiri2 ( kebetulan bareng rombongan anak2 SMA yang study tour di sini ) jadi saya urungkan niat saya untuk minta tolong di fotoin ber dua dengan anak saya, alhasil saya selfie aja berdua ama anak saya 😛 .

tpF

Setelah anak saya puaassss melihat ikan, di lanjut masuk ke ruang berikutnya…taman dinosaurus and “my little girl in the junggle” melihat telur si-dino di kira BOLAAAAAA… ;-D ( lagi2 BOLA hhmmmhhh… ) , sambil tengok kanan kiri, pikirnya ini hewan apa yaa…??? ( mungkin begitu yang ada di pikiran anak saya).

tpF2

tpF1

Selanjutnya memasuki ruang tengah gedung oval ( tentu saja bentuk nya oval hehehe… ) di awali dengan tokoh2 terkenal dunia dan planet2 . Saya hanya sempat mengambil foto ala kadarnya karena anak saya jalan santai lenggang kangkung tanpa memperdulikan apa yang ada di sekitarnya ( itu artinya anak saya tidak tertarik dengan apa yg dia lewati hahahha… ).

tpF3

                          tpF4   tpF5

                           tpG  tpH4

  tpH6

tpG1

tpG4

Lagi2 setelah melihat alat peraga yang ada BOLA nya, dia langsung lari mendekat dan dengan asyik nya bermain sejenak di situ. Alat peraga lainnya buat anak saya hanya di lihat sambil lalu xixiixxi….alat peraga yang satu ini juga bisa membuat anak saya tertarik. Sambil berguman satu, dua, satu, dua, tidaaa ( baca: tiga ) dia memutar mutar alat peraga tsb.

tpF6

tp7i3
Dan yang paling menarik perhatian anak saya adalah yang ini niiihhhh….kalau di injak akan berubah sesuai dengan tema nya ,yang ikan ketika di injak pada lari, yang lapangan bola ketika di injak bola nya lari2 dan yang bunga ketika di injak bunga nya bermekaran.

tp5

tpH
Kita juga sempat mampir lihat film 4 dimensi  karena tema film nya ikan, saya tanya ke anak saya : ” mau lihat ikan nak..? ” dan anak saya mengangguk sambil bilang : ” horeee liat ikaann” (dengan ekspresi antusias nya).HTM nya rp 20.000/ orang ( lagi2 anak saya GRATIS, karena baru umur 2 tahun) lumayan bisa berhemat hahahha… Awalnya bingung juga anak saya ketika harus memakai kaca mata 4 dimensi bt lihat film nya tapi setelah saya jelaskan, akhirnya mau juga memakainya 🙂 .

tpI
Selesai lihat film, saya memutuskan untuk segera keluar dan pindah ke gedung PAUD ( karena melihat anak saya kurang tertarik dengan arena yang dia lewati ), tapi apa daya setelah sampai di luar cuaca masih belum mendukung 🙁 yang tadi nya gerimis kecil2 sudah hilang tapi cuaca di langit semakin mendung menghitam .Akhirnya harus bergegas pulang karena gak mau nanti kejebak hujan di sini atau kehujanan di jalan next time ya nak kita ke sini lagi bila cuaca cerah… puas2 in main mu :-* .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *