Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng adalah obyek wisata yang terkenal di kota Magelang, tepatnya di jalan Cempaka no. 6 Kota Magelang Jawa Tengah. Nama Kyai Langgeng sendiri diambil dari nama salah seorang pejuang di bawah pimpinan Pangeran Diponegoro. Menurut sumber  yang saya baca, dasar dijadikannya sebuah Taman dengan menggunakan nama Kyai Langgeng karena almarhum dimakamkan di kawasan ini. Makam tersebut masih ada dan terawat hingga saat ini.

IMG_6025

7

Taman Kyai Langgeng dengan luas 27,5 hektare memiliki ratusan koleksi tanaman langka yang bisa dimanfaatkan sebagai obyek penelitian antara lain ada Cempaka Ganda (Mycelia campaca), Dewa Daru (Eugenia Sp), Apel Beludru (Diospiros Rabbola), Nagasari (Mesua Ferrea), Matoa (Pometia Pinata Ireigfost), Ruser (Arthocarpus Sp), Lobi-Lobi (Flacouritia Inermis Roxb) dan masih banyak lagi.

5

Pada minggu kemaren minggu tgl 7 september 2014 saya berkesempatan bermaen ke taman kyai Langgeng bersama keluarga. Berhubung kita sampai di tempat wisata sudah agak siang sekitar jam 11 an, akibatnya kita dapat parkir jauh dari obyek wisata dan harus jalan sekitar 2km lebih untuk menuju area wisata di karenakan parkir penuh (membludak pengunjungnya), beda banget ketika saya datang ke sana selain hari minggu, sepiiii… walaupun ada pengunjung tapi tidak seramai ketika kita datang pas hari minggu atau hari libur.

1

Sampai di area wisata rasanya sudah capak duluan, pundak saya serasa mau “patah” karena saya bawa anak saya yang masih kecil dan minta gendong 🙁 alhasil… depan saya gendong anak dan belakang saya gendong ransel (bekal anak), belum lagi tas saya sendiri (badan saya udah kayak cantelan barang nih..) 😀

IMG_6018

8

Istirahat sejenak melepas lelah dan rasa haus karena memang panas sekali waktu itu daaaannnn …. rame sak puol e :-(. Setelah lelah agak menghilang, kita mulai menjelajah wahana yang ada satu per satu. Wahana pertama yang ingin kita naiki adalah kereta mini tapi sayang di sayang karena antri nya berdesak-desakan mundurlah kita dari antrian panjang ..hufftt..( kayak nya semua wahana antriannnya puanjang-puanjang 🙁 .

peta

wahana1

Sebenarnya di Taman Kyai Langgeng banyak sekali wahana nya yang GRATIS antara lain :
– Becak Air
– Becak Mini
– Bianglala
– Mobil Keliling
– Kereta Air
– Kereta Mini
– Kumidi Layang
– Kumidi Putar
– Sepur Mini

wahana-kmd putr

Sedangkan wahana yang bayar antara lain :
– Anjungan Dirgantara Rp 5000
– Kolam renang Rp 5000
– Kuda Mini Rp 5000
– Water Ball Rp 10.000
– Animal Ridding Rp 10.000,-
– Bumper Boat Rp 10.000,-
– Mini ATV Rp 10.000,-
– Mobil Remote Rp 10.000,-
– Kereta Keliling Kecil Rp 10.000,-
– Istana Karet Rp 10.000,-
– Game Zone Rp 10.000,-

(**harga tiket Per tanggal 1 Juli 2014)

10

11

Dikarenakan banyak nya antrian dan tempatnya yang luas maka kita hanya naik wahana yang sekiranya antriannya gak begitu panjang dan yang gak “uyel2an” hahah… 😀 . Selebihnya kita jalan2 di tempat yang teduh sambil menikmati pemandangan yang ada di sekitar taman Kyai Langgeng karena memang di taman Kyai Langgeng ini banyak sekali pohon2 besar yang rindang.

4

burung

12

** Selamat berwisata… **

4 thoughts on “Taman Kyai Langgeng”

  1. Terima kasih telahberkunjung serta memberikan ulasan tentang Taman Wisata Kyai Langgeng di Kota Magelang. Mulai 1 Januari 2016 pihak pengelola Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng menerapkan harga tiket terbaru.

    Taman Rekreasi dan Edukasi Kyai Langgeng Kota Magelang buka setiap hari 07.00 -17.00 WIB. Harga tiket masuk terusan di bawah ini sudah termasuk 10 wahana permainan yang terdiri dari Teater 6 Dimensi, Bianglala, Komidi Putar, Komidi Layang, Kereta Mini, Kereta Air, Sepur Mini, Becak Mini, Becak Air, dan Mobil Keliling.

    SENIN – JUMAT : Rp. 20.000
    SABTU – MINGGU dan Hari Libur Nasional : Rp. 25.000
    Paket Lebaran, Natal, dan Tahun Baru : Rp. 30.000
    Khusus untuk rombongan pengunjung minimal 50 orang mendapatkan diskon hingga 15%

  2. Suprapta berkata:

    Ada kontak yg bisa di hubungi ? Tgl 21 mei akan ada rombongan datang

    1. anita berkata:

      monggo silahkan hubungi admin kyai langgeng yg koment di atas… 👆👆

  3. Salam wisata,

    Mulai tanggal 1 Januari 2018 ada penyesuaian/kenaikan Harga Tiket Masuk & Unit Permainan. HTM weekday hari SENIN hingga JUMAT 24.000/orang. Hari SABTU, MINGGU, dan Hari Libur Nasional 30.000/orang. HTM Khusus Lebaran, Natal, dan Tahun Baru 35.000/orang. Untuk perubahan tiket masuk unit bisa dilihat di website kami http://www.kyailanggeng.com.

    Salam hangat,

    Divisi Informasi & Pemasaran
    Perusda Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng
    Jalan Cempaka 6, Kota Magelang
    Jawa Tengah – 56122

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *