Taman Balekambang Solo part 1: Rekreasi dan Lomba

Sebelumnya saya ingin bercerita dulu asal usul dari taman BALEKAMBANG yang saya cuplik sumbernya dari id.wikipedia.org :

Taman balekambang pada awalnya bernama Partini Tuin dan Partinah Bosch yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tanggal 26 Oktober 1921. Karena rasa sayang pada kedua putrinya, GRAy Partini Husein Djayaningrat dan GRAy Partinah Sukanta, maka dibuatlah sebuah taman dengan mengabadikan nama keduanya. Taman Balekambang memadukan konsep Eropa dan Jawa.

Taman ini terdiri atas dua area. Area yang pertama dinamakan Partini Tuin atau Taman Air Partini, berfungsi sebagai penampungan air untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di dalam kota juga digunakan untuk bermain perahu. Area yang kedua bernama Partnah Bosch artinya Hutan Partinah yang ditanami tumbuhan langka seperti kenari, beringin putih, beringin sungsang, dan apel coklat. Fungsi dari taman kota ini adalah sebagai resapan dan paru-paru kota.

Pada mulanya taman ini tidak buka untuk umum pada masa pemerintahan KGPAA Mangkunegara VII, baru pada era KGPAA Mangkunegara VIII Taman Balekambang mulai dibuka untuk umum. Sejak itu mulai diselenggarakan beragam kesenian untuk rakyat seperti ketoprak lesung. Kesenian ini ialah ketoprak yang diiringi dengan alunan musik lesung.

Pada tahun 2008 dilakukan revitalisasi atas Taman Balekambang. Setelah itu Taman Balekambang mulai dimultifungsikan sebagai taman seni & budaya, taman botani, taman edukasi, dan taman rekreasi.

Naaahhhh … pada kesempatan ini saya ingin sdikit berbagi cerita , sebenarnya ini adalah cerita lawas dimana waktu itu saya masih mengajar. Pada waktu itu tempat mengajar saya akan mengadakan lomba matematika / berhitung cepat sekalian outing class yang tiap tahun diadakan . Survey..survey..survey tempat , jatuhlah pilihan tempat lomba nanti akan diadakan di balekambang , dengan pertimbangan suasananya sejuk , luas , daaann biaya sewa untuk ngadain event  tempatnya tsb muraaahh :-D, apalagi kalau cuma sekedar maen biasa di situ, cuma bayar parkir 2rb :-). Dari situlah saya pertama kali menginjakkan kaki di taman Balekambang , dan ternyata memang benar , tempat enak banget buat ngadain acara dengan setting di luar ruangan .

Murid2 pun senang sekali bisa lomba sambil bermain dan berekreasi di taman Balekambang . Ada ajang unjuk kebolehan dan pentas seni, macam2 lomba ( tidak hanya lomba berhitung saja tapi juga lomba balap karung , bawa air, egrang dll ) , seruuu deh…… 🙂

Ini para guru nya , mejeng dulu  sebelum beraksi ( cantik-cantik kan..? ) 😀

Ini murid- murid yang sedang beraksi …

Sambil nunggu penjurian lomba , narsis dulu sama salah satu orang tua murid 😛

Ini hasil karya saya 😀 , untung nya mereka pada mau di dandanin aneh-aneh kayak gini ^_^ , orang tua nya pun gak ada yang protes anak nya di acak adut oleh saya 😀 . Dan mereka siap unjuk kebolehan memukau para penonton yang hadir di situ 🙂 .

Inilah deretan piala dan hadiah nya , dan salah satu murid saya menjadi pemenang nya – Bravo – , berhubung sebagian murid sudah ada yang pulang duluan , para guru nya yang mewakilkan menerima piala dan hadiahnya .

Asyiiiiikk bukan bermain di Taman Balekambang , walaupun terik matahari mulai terasa menyinari bumi , tapi suasana di Taman Balekambang tetap teduh kan…

 ( Cari Modiste murah dan baju murah berkwalitas klik >> disini )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *